KITAB SHALAT NABI Qunut Witir
๐ https://grupislamsunnah.com/
๐ค Oleh: Ustadz Dr. Musyaffa Ad Dariny M.A. ุญูุธู ุงููู ุชุนุงูู
๐ *Kitab Shifatu Sholatin Nabiyyi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam Minattakbiri ilattaslim ka-annaka Taroha (Sifat Shalat Nabi mulai dari Takbir sampai Salamnya seakan-akan Anda Melihatnya) karya Asy Syekh Al-Albani -Rahimahullah.*
Pembahasan tentang Qunut Witir
โโโโโโโโโโโโโโโโโโ
ุงูุณููููุงู
ู ุนูููููููู
ู ููุฑูุญูู
ูุฉู ุงููููฐูู ููุจูุฑูููุงุชููู.
ุงููุญูู
ูุฏู ููููู ููุงูุตููููุงุฉู ููุงูุณููููุงู
ู ุนูููู ุฑูุณููููู ุงููููฐููุ ููุนูููู ุขูููู ููุตูุญูุจููู ููู
ููู ุชูุจูุนู ููุฏูุงูู.
Kaum muslimin dan kaum muslimat yang saya cintai karena Allah Subhanahu wa Ta'ala, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati dan diberkahi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan bersama-sama mengkaji sebuah kitab yang sangat bagus, kitab yang ditulis oleh Asy Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullahu Ta'ala. Kitab tersebut adalah kitab Sifat Shalat Nabi atau sebagaimana judul aslinya Shifatu Shalatin Nabiyyi Shallallahu 'alaihi wa Sallam Minattakbiri ilattaslim Ka-annaka Taraha (Sifat Shalat Nabi ๏ทบ Mulai dari Takbir sampai Salamnya Seakan-akan Anda Melihatnya).
Jamaah sekalian rahimani wa rahimakumullah,
Pada kesempatan yang telah lalu kita telah membahas tentang โDisyariatkannya Qunut Nazilahโ. Bahwa qunut nazilah disyariatkan ketika kaum muslimin tertimpa bencana besar. Dan kita juga sudah mempelajari bahwa qunut nazilah ini tidak khusus untuk shalat tertentu, tapi disyariatkan di semua shalat fardhu. Tidak hanya shalat Subuh tapi juga dilakukan di shalat Dzuhur, dilakukan di shalat Ashar, shalat Maghrib, shalat Isya, karena dahulu Rasulullah ๏ทบ mencontohkannya demikian.
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang:
โDisyariatkannya Qunut di dalam Shalat Witirโ
Bahwa di dalam shalat witir kita disyariatkan untuk berdoa dengan doa qunut.
Syaikh Albani Rahimahullahu Taโala beliau mengatakan di sini,
ูู โฒ ููุงูู ๏ทบ ููููููุชู ููู ุฑูููุนูุฉู ุงููููุชูุฑู โณ ุฃูุญูููุงูุงู ุ
โDahulu Rasulullah ๏ทบ melakukan doa qunut di rakaat witir, 'ahyaana' kadang-kadangโ
Maksud dari "kadang-kadang" ini bukan jarang, tapi kadang-kadang Beliau melakukannya, kadang-kadang Beliau meninggalkannya.
Kenapa beliau katakan di sini โkadang-kadang"? Alasan beliau disebutkan di catatan kakinya. Beliau mengatakan di sini,
ููุฃูููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉู ุงูููุฐูููู ุฑูููููุง ุงููููุชูุฑ ููู
ู ููุฐูููุฑููุง ุงูููููููุชู ููููู ุ
โKarena para sahabat yang meriwayatkan hadits tentang witir, mereka tidak menyebutkan qunut di dalam shalat witir.โ
ูููููู ููุงูู ๏ทบ ููููุนููููู ุฏูุงุฆูู
ุงู ุ ููููููููููู ุฌูู
ููุนุงู ุนููููู ุ
โSeandainya Rasulullah ๏ทบ melakukan qunut di dalam shalat witirnya itu terus-menerus, maka harusnya semua sahabat yang meriwayatkan hadits tentang shalat witir Rasulullah ๏ทบ , akan menjelaskan juga tentang doa qunut di dalam witir Beliau.โ
ููุนูู
ู ุฑูููุงูู ุนููููู ุฃูุจููู ุจููู ููุนูุจู ููุญูุฏููู ุ
โBenar, memang ada yang meriwayatkan tentang doa qunutnya Rasulullah ๏ทบ di dalam shalat witir Beliau, namun yang meriwayatkannya hanya sahabat โUbay ibn Kaโab sajaโ
ููุฏูููู ุนูููู ุฃูููููู ููุงูู ููููุนููููู ุฃูุญูููุงูุงู ุ
"dan itu menunjukkan bahwa Rasulullah ๏ทบ melakukan hal tersebut kadang-kadang"
Saya sudah jelaskan tadi, yang dimaksud dengan โkadang-kadangโ di sini bukan jarang; tapi kadang melakukannya, kadang meninggalkannya.
ููููููู ุฏูููููู ุนูููู ุฃูููููู ุบูููุฑู ููุงุฌูุจู ุ ูููููู ู
ูุฐูููุจู ุฌูู
ููููุฑู ุงููุนูููู
ูุงุกู ุ
โdan ini juga menunjukkan di sini juga ada dalil/ada bukti, bahwa sesungguhnya doa qunut di shalat witir itu tidak diwajibkan dan ini pendapatnya mayoritas ulama.โ
Kemudian beliau, Syaikh Albani Rahimahullahu Taโala mengatakan di sini,
ูู โฒ ููุฌูุนููููู ููุจููู ุงูุฑูููููุนู โณ .
โDan Beliau menjadikan qunut witirnya sebelum rukukโ
Ini pendapat yang beliau pilih dan ini juga pendapat yang kuat. Namun kita harus tahu bahwa ini masalah yang diperselisihkan oleh para ulama. Ini bukan satu-satunya pendapat dalam masalah ini, bahwa qunut di dalam shalat witir itu sebelum rukuk. Ini bukan satu-satunya pendapat di dalam masalah ini. Namun ini juga pendapat yang kuat dalam masalah ini.
Beliau berpendapat bahwa qunut di dalam shalat witir itu berbeda dengan qunut nazilah. Di qunut nazilah beliau mengatakan bahwa waktu disyariatkannya qunut nazilah adalah setelah rukuk; namun di qunut witir beliau mengatakan disyariatkannya sebelum rukuk. Dan beliau berdalil dengan atsar dari Al-Qomah Rahimahullahu Taโala. Beliau mengatakan bahwa sahabat Ibnu Masโud dan para sahabat Nabi Muhammad ๏ทบ dahulu ketika berdoa qunut, mereka berdoanya sebelum rukuk. Dan atsar ini atsar yang dishahihkan oleh Syaikh Albani Rahimahullahu Taโala.
Namun mayoritas ulama/jumhur ulama mengatakan bahwa qunut witir itu waktunya setelah rukuk. Mereka berdalil dengan banyak dalil. Di antara dalil mereka adalah atsar dari sahabat Umar ibn Khattab radhiyallahu Taโala anhu yang menjelaskan tentang bagaimana shalat tarawihnya atau shalat qiyamul lail-nya orang-orang di zaman sahabat โUmar ibn Khattab radhiyallahu Taโala anhu. Di dalam atsar tersebut disebutkan bahwa orang-orang di shalat witir mereka, mereka berdoa dengan doa laknat kepada orang-orang kafir. Mereka mengatakan:
โฌ ุงููููููู
ูู ููุงุชููู ุงููููููุฑูุฉู ุงูููุฐูููู ููุตูุฏููููู ุนููู ุณูุจูููููู โญ
โYa Allah, perangilah orang-orang kafir yang mereka menghalangi manusia dari jalan-Muโ
โฌ ููููููุฐููุจูููู ุฑูุณููููู โญ
โmereka mendustakan rasul-rasul-Muโ
โฌ ููููุง ููุคูู
ูููููู ุจูููุนูุฏููู โญ
โdan mereka tidak beriman dengan janji-Muโ.
Mereka doanya agak panjang. Kemudian setelah itu bershalawat kepada Nabi Muhammad ๏ทบ dan berdoa untuk kaum muslimin sesuai dengan apa yang mereka mampui. Kemudian imamnya beristighfar kepada kaum mukminin.
Di dalam hadits ini, di akhirnya, setelah menyebutkan tentang doa, dan doa ini tidak ada kemungkinan lain kecuali di shalat witir karena di shalat qiyamul lainnya tidak ada. Tidak ada kemungkinan kecuali doa tersebut di shalat witir mereka.
Di akhir riwayat ini dikatakan, setelah berdoa,
โฒ ุซูู
ูู ููููุจููุฑู ููููููููู ุณูุงุฌูุฏุงู โณ
"Kemudian -โUbay ibn Kaโab yang merupakan imamnya mereka- bertakbir dan turun untuk bersujud."
Kalau doa witir mereka lakukan atau qunut witir mereka lakukan sebelum rukuk, maka harusnya disebutkan di sini rukuknya, bukan sujudnya. Ketika yang mereka lakukan setelah doa qunut witirnya adalah sujud, maka ini menunjukkan bahwa doa qunut witir mereka itu setelah rukuk.
Ini dalil yang kuat karena memang riwayatnya riwayat yang shahih. Mereka juga (jumhur ulama) mereka berdalil dengan dalil-dalil tentang qunut nazilah. Kenapa mereka berdalil dengan dalil-dalilnya masalah qunut nazilah?
Karena pada asalnya memang tidak ada perbedaan antara shalat wajib dengan shalat sunah. Apa yang disyariatkan di shalat wajib, pada asalnya disyariatkan juga di shalat sunnah, karena sama-sama shalat. Apalagi ini sama-sama masalah qunut. Maka harusnya waktunya sama antara qunut nazilah dengan qunut witir, yaitu setelah rukuk.
Mereka juga berdalil, jumhur ulama mengatakan bahwa waktu setelah rukuk itu lebih pas daripada waktu sebelum rukuk. Kenapa demikian?
Karena setelah rukuk orang-orang yang shalat membaca:
( ุณูู
ูุนู ุงูููู ููู
ููู ุญูู
ูุฏููู )
โAllah Subhanahu wa Taโala mendengar siapapun yang memuji-Nya.โ
Dan sebelum seseorang berdoa tentunya dia akan memuji Allah Subhanahu wa Taโala. Sehingga kata-kata ini menunjukkan bahwa setelah itu sangat dianjurkan untuk berdoa. Makanya qunut witir apabila dilakukan setelah rukuk, itu lebih pas waktunya daripada sebelum rukuk.
Ini dalil-dalil jumhur yang mereka sebutkan. Dan dalil-dalil jumhur ini bisa dijadikan sebagai kaidah asal karena dalil jumhur ini dalilnya sangat banyak. Dan ini bisa kita jadikan sebagai dalil-dalil yang lebih kuat daripada dalil yang menunjukkan bahwa qunut witir itu sebelum rukuk.
Namun ana sendiri, ana sendiri melihat bahwa dua pendapat ini, dua pendapat yang dalilnya sama-sama kuat walaupun tidak sama kekuatannya, karena dua-duanya mendasari pendapatnya dengan riwayat yang shahih. Sehingga ana sendiri lebih condong ke pendapat yang mengatakan bahwa dua-duanya boleh dilakukan. Kita boleh qunut witir sebelum rukuk berdasarkan atsar dari Al-Qomah; atsar yang diriwatkan oleh al-Qomah Rahimahullahu Taโala tentang sahabat Ibn Masโud dan para sahabat Rasulullah ๏ทบ yang berqunut sebelum rukuk.
Adapun dalil-dalil jumhur kita bisa katakan bahwa pada asalnya lebih afdal qunut setelah rukuk. Namun bukan berarti qunut sebelum rukuk tidak dibolehkan. Jadi ana lebih condong ke pendapat ini, bahwa qunut setelah rukuk di qunut witir itu lebih afdal. Namun kita dibolehkan juga untuk qunut di shalat witir sebelum rukuk.
ูุงููู ุชุนุงูู ุฃุนูู
.
____
Demikianlah yang bisa kita kaji pada kesempatan kali ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan diberkahi oleh Allah Jalla wa 'Ala.
Dan InsyaaAllah kita akan lanjutkan pada kesempatan yang akan datang.
ููุงูุณููููุงู
ู ุนูููููููู
ู ููุฑูุญูู
ูุฉู ุงููููฐูู ููุจูุฑูููุงุชููู.
โโโโโโ โด |GiS| โด โโโโโโ 1
๐ https://grupislamsunnah.com/
๐ค Oleh: Ustadz Dr. Musyaffa Ad Dariny M.A. ุญูุธู ุงููู ุชุนุงูู
๐ *Kitab Shifatu Sholatin Nabiyyi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam Minattakbiri ilattaslim ka-annaka Taroha (Sifat Shalat Nabi mulai dari Takbir sampai Salamnya seakan-akan Anda Melihatnya) karya Asy Syekh Al-Albani -Rahimahullah.*
Pembahasan tentang Qunut Witir Bag 02 ~ Redaksi Bacaannya
โโโโโโโโโโโโโโโโโโ
ุงูุณููููุงู
ู ุนูููููููู
ู ููุฑูุญูู
ูุฉู ุงููููฐูู ููุจูุฑูููุงุชููู.
ุงููุญูู
ูุฏู ููููู ููุงูุตููููุงุฉู ููุงูุณููููุงู
ู ุนูููู ุฑูุณููููู ุงููููฐููุ ููุนูููู ุขูููู ููุตูุญูุจููู ููู
ููู ุชูุจูุนู ููุฏูุงูู.
Kaum muslimin dan kaum muslimat yang saya cintai karena Allah Subhanahu wa Ta'ala, khususnya anggota GiS -Grup Islam Sunnah- yang semoga dirahmati dan diberkahi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan bersama-sama mengkaji sebuah kitab yang sangat bagus, kitab yang ditulis oleh Asy Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullahu Ta'ala. Kitab tersebut adalah kitab Sifat Shalat Nabi atau sebagaimana judul aslinya Shifatu Shalatin Nabiyyi Shallallahu 'alaihi wa Sallam Minattakbiri ilattaslim Ka-annaka Taraha (Sifat Shalat Nabi ๏ทบ Mulai dari Takbir sampai Salamnya Seakan-akan Anda Melihatnya).
Jamaah sekalian rahimani wa rahimakumullah,
โApa yang Kita Baca di dalam Qunut Witirโ
Beliau (Syaikh Al-Albani rahimahullah, -ed) mengatakan:
ููุนููููู
ู ุงููุญูุณููู ุจููู ุนูููููู ุฑูุถููู ุงูููููู ุชูุนูุงููู ุนููููู ุฃููู ููููููู
โDan Rasulullah ๏ทบ dahulu mengajari Hasan ibn โAli ุฑุถู ุงูููู ุชุนุงูู ุนูู untuk membaca di dalam qunut witirnyaโ
[ ุฅูุฐูุง ููุฑูุบู ู
ููู ููุฑูุงุกูุชููู ููู ุงููููุชูุฑู ] :
โapabila Beliau selesai membaca Al-Quran di shalat witirnyaโ
Ini karena beliau (Syaikh Al Albani rahimahullah, -ed) berpendapat bahwa doa qunut witir itu dibacanya sebelum rukuk.
Apa doanya?
Doanya adalah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah ๏ทบ kepada cucu Beliau, Hasan ibn โAli:
โฒ ุงููููููู
ูู ุงููุฏูููู ูููู
ููู ููุฏูููุชู ุ ููุนูุงููููู ูููู
ููู ุนูุงููููุชู ุ ููุชููููููููู ูููู
ููู ุชููููููููุชู ุ ููุจูุงุฑููู ููู ูููู
ูุง ุฃูุนูุทูููุชู ุ ููููููู ุดูุฑูู ู
ูุง ููุถูููุชู ุ ููุฅูููููู ุชูููุถูู ููููุง ููููุถูู ุนููููููู ุ ููุฅูููููู ููุง ููุฐูููู ู
ููู ููุงููููุชู ุ [ ููููุง ููุนูุฒูู ู
ููู ุนูุงุฏูููุชู ] ุชูุจูุงุฑูููุชู ุฑูุจููููุง ููุชูุนูุงููููุชู ุ [ ููุง ู
ูููุฌูุง ู
ููููู ุฅููููุง ุฅููููููู] โณ
_Allaahummah-dinii fiiman hadait, wa 'aafinii fiiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawallait, wa baarik lii fiimaa a'thoit, wa qinii syarro maa qodhoit, fa-innaka taqdhii wa laa yuqdhoo 'alaik, wa innahu laa yadzillu man waalait, (wa laa ya'izzu man 'aadait), tabaarokta robbanaa wa ta'aalait, (laa manjaa minka illa ilaik)_
โฌ ุงููููููู
ูู ุงููุฏูููู ูููู
ููู ููุฏูููุชู โญ )
/Allaahummah-dinii fiiman hadait/ , -ed)
Artinya:
โYa Allah, berikanlah petunjuk kepadaku sebagaimana Engkau telah memberikan petunjuk kepada orang-orang yang telah Engkau berikan petunjukโ
โฌ ููุนูุงููููู ูููู
ููู ุนูุงููููุชู โญ
/wa 'aafinii fiiman 'aafait/
โSelamatkanlah aku sebagaimana Engkau telah menyelamatkan orang-orang yang Engkau selamatkan sebelumkuโ
โฌ ููุชููููููููู ูููู
ููู ุชููููููููุชู โญ
/wa tawallanii fiiman tawallait/
โDan tolonglah aku ya Allah sebagaimana Engkau telah menolong orang-orang yang Engkau tolong sebelumkuโ
โฌ ููุจูุงุฑููู ููู ูููู
ูุง ุฃูุนูุทูููุชู โญ
/wa baarik lii fiimaa a'thoit/
โBerikanlah keberkahan kepadaku, pada apa pun yang Engkau berikan kepadakuโ
โฌ ููููููู ุดูุฑูู ู
ูุง ููุถูููุชู โญ
/wa qinii syarro maa qodhoit/
โJagalah aku dari keburukan akibat apa yang telah Engkau putuskanโ
โฌ ููุฅูููููู ุชูููุถูู ููููุง ููููุถูู ุนูููููู โญ
/fa-innaka taqdhii wa laa yuqdhoo 'alaik/
โKarena sesungguhnya Engkau-lah yang memberikan keputusan dan tidak diputuskan atas-Muโ
โฌ ููุฅูููููู ููุง ููุฐูููู ู
ููู ููุงููููุชู โญ
/wa innahu laa yadzillu man waalait/
โDan sungguh tidak akan hina orang yang Engkau tolongโ
โฌ ููููุง ููุนูุฒูู ู
ููู ุนูุงุฏูููุชู โญ
/wa laa ya'izzu man 'aadait/
โDan tidak akan mulia orang yang telah Engkau musuhiโ
โฌ ุชูุจูุงุฑูููุชู ุฑูุจููููุง ููุชูุนูุงููููุชู โญ
/tabaarokta robbanaa wa ta'aalait/
โMaha Suci, Maha Tinggi Engkau yaa Rabb kamiโ
โฌ ููุง ู
ูููุฌูุง ู
ููููู ุฅููููุง ุฅููููููู โญ
/laa manjaa minka illa ilaik/
โTidak ada tempat berlindung dari-Mu kecuali kepada-Muโ
Inilah doa qunut witir yang diajarkan oleh Rasulullah ๏ทบ kepada cucu Beliau. Dan inilah yang paling afdal untuk kita baca di dalam qunut witir kita.
Apakah kita boleh berdoa selain doa ini dalam qunut witir kita?
Maka jawabannya: Boleh-boleh saja.
Tapi itu sangat tidak pantas. Sebaiknya yang seperti ini tidak dilakukan.
Kenapa?
Karena apabila kita melakukan yang demikian, maka kita berarti melakukan sesuatu yang kurang afdal dan meninggalkan sesuatu yang paling afdal, padahal kita mampu melakukannya. Maka yang seperti ini sangat tidak pantas. Yang seperti ini sangat tidak pantas. Seharusnya kita memilih apa yang diajarkan oleh Rasulullah ๏ทบ kepada para sahabatnya, karena itulah yang paling afdal. Tidak mungkin Rasulullah ๏ทบ pilihkan doa untuk cucunya kecuali karena doa itu adalah doa yang paling afdal.
Makanya di qunut witir apabila kita ingin berdoa dengan doa-doa yang lainnya, maka silahkan. Tapi yang diajarkan oleh Rasulullah ๏ทบ jangan ditinggalkan.
Wallahu Ta'ala A'lam.
____
Demikianlah yang bisa kita kaji pada kesempatan kali ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan diberkahi oleh Allah Jalla wa 'Ala.
Dan InsyaaAllah kita akan lanjutkan pada kesempatan yang akan datang.
ููุงูุณููููุงู
ู ุนูููููููู
ู ููุฑูุญูู
ูุฉู ุงููููฐูู ููุจูุฑูููุงุชููู.
โโโโโโ โด |GiS| โด โโโโโโ